Tuesday, May 04, 2010

Zettabyte Segera Gantikan Petabyte



ilustrasi (ist)
Jakarta - Beberapa tahun lagi, kapasitas penyimpanan data digital diyakini akan membengkak dan menciptakan satu istilah yang saat ini mungkin masih terdengar aneh, yaitu zettabyte.

Hal tersebut dipicu oleh meledaknya penggunaan internet ditambah kian banyaknya pemerintah dan perusahaan yang ingin menyimpan lebih banyak data.

Riset terbaru menyebutkan, kapasitas penyimpanan data digital mengalami pertumbuhan sebesar 62 persen di tahun lalu, yaitu mencapai hingga 800.000 petabyte. Untuk diketahui, petabyte adalah ukuran kapasitas data yang setara dengan satu juta gigabyte, atau jika diubah ke dalam bentuk zettabyte yaitu 0,8 zettabyte.

Besaran kapasitas ini sebanding dengan semua data yang tersimpan dalam 75 miliar unit iPad Apple, atau setara dengan jumlah tweet yang diposting seluruh penduduk bumi di abad ini. Demikian keterangan yang dikutip detikINET dari Guardian, Selasa (4/5/2010).

Para ahli memperkirakan, apabila seluruh bahasa yang digunakan manusia setiap harinya disimpan dalam bentuk digital, maka akan memerlukan ruang penyimpanan berkapasitas 5.000 petabyte.

Survei keempat kalinya mengenai kapasitas digital di seluruh dunia yang diadakan oleh konsultan teknologi IDC menyebutkan bahwa mulai tahun ini, konten digital di seluruh bumi akan melesat ke ukuran zettabyte, mencapai angka 1,2 zettabyte.

Riset IDC yang didanai oleh perusahaan tenologi asal Inggris EMC ini memberikan gambaran, ukuran zettabyte adalah jutaan kali dari jumlah keseluruhan koleksi pustaka di semua perpustakaan yang ada di Amerika Serikat.

"Jika dulu orang dibatasi kapasitas penyimpanan saat akan mengambil foto, dengan pertumbuhan pesat di bidang video dan fotografi digital kini mereka bisa mengabadikan dan menyimpan lebih banyak foto dan menyimpannya di web," kata VP EMC Inggris Adrian McDonald memberikan contoh.

"Itu artinya, jumlah perangkat dimana data dapat dihasilkan dan disimpan juga akan terus meningkat," tambahnya.

Maka sebagai akibatnya, menurut McDonald, tak heran jika selama dekade berikutnya jumlah data digital pun akan terus meningkat pesat.

"Kemungkinan kita akan memerlukan lebih banyak istilah yang menandakan jumlah kapasitas di atas ukuran zettabyte," tandasnya.

http://www.detikinet.com/read/2010/05/04/135818/1350882/398/zettabyte-segera-gantikan-petabyte/?i991103105

No comments:

Post a Comment