Monday, January 04, 2010

Gelar Pahlawan Di Facebook: Gus Dur Yes, Soeharto No

gusdur2cov.jpg
Jakarta
- Keinginan Partai Golkar yang juga mengusulkan agar almarhum mantan presiden Soeharto juga mendapat gelar pahlawan ditolak mentah-mentah oleh sejumlah warga Facebook. Namun lain halnya dengan Gus Dur yang justru mendapat dukungan.

Galangan dukungan tersebut bisa ditemukan dalam account grup bernama 'Dukung GUSDUR jadi PAHLAWAN & TOLAK SOEHARTO jadi PAHLAWAN' di Facebook.

Anggota grup ini memang masih sedikit karena terbilang baru. Ketika disambangi detikINET, Senin (4/12/2010) siang, baru 74 anggota yang menyatakan suaranya.

Dalam account-nya, sejumlah anggota grup ini menolak Soeharto menjadi pahlawan lantaran memiliki sejarah yang kelam ketika memimpin Tanah Air di masa orde baru.

"Kalau Soeharto jadi Bapak Pembangunan itu benar, dan mesti diakui. Tdk ada manusia yang sempurna. Kalau Soeharto jadi Pahlawan, nanti dulu. Hitung kejahatan rezim ORBA, menjadikan Soeharto sebagai pahlawan indentik dengan mensahkan kejahatan dan kekerasan politik era ORBA yang dipimpin Pak Harto. Kalau Gus Dur jadi pahl...awan, itu sah-sah saja, type elite seperti beliau yang merakyat, mengerti orang kecil, memahami Bhineka Tunggal Ika, adalah langka di negara ini," tegas salah satu anggota bernama Filep.

"Gus Dur membuka ruang besar bagi demokrasi rakyat (miskin) karena itu dia lengser. Soeharto?! dia lengser karena amukan orang-orang miskin bersama persatuan mahasiswa pro demokrasi; tak di bayar. Tuntutan Gus Dur jadi pahlawan lahir dari kerelaan massa-rakyat yg merindukan demokrasi. Tapi Soeharto?! Hanya GOLKAR dan orang-orang bayarannya yg meminta itu," tukas anggota lain tak kalah serunya.

Usulan Gus Dur dan Soeharto menjadi pahlawan nasional saat ini tengah menguat di sidang paripurna DPR. Sejumlah anggota mengusulkan dua tokoh itu diberi gelar pahlawan.

http://www.detikinet.com/read/2010/01/04/120659/1271130/398/di-facebook-gus-dur-yes-soeharto-no

No comments:

Post a Comment